Penguatan profil pelajar Pancasila pada madrasah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu; 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil alamin. Pelajar Pancasila adalah pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang universal dan menjunjung tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta perdamaian dunia. Pelajar Pancasila juga memiliki pengetahuan dan keterampilan berpikir antara lain: berpikir kritis, memecahkan masalah, metakognisi, berkomunikasi, berkolaborasi, inovatif, kreatif, dan berliterasi informasi. Pelajar Pancasila memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, bersikap toleran terhadap sesama, memiliki prinsip menolak tindakan kekerasan baik secara fisik maupun verbal dan menghargai tradisi.
Profil pelajar rahmatan lil alamiin adalah profil pelajar Pancasila di madrasah yang mampu mewujudkan wawasan, pemahaman, dan perilaku taffaquh fiddin sebagaimana kekhasan kompetensi keagamaan di madrasah, serta mampu berperan di tengah masyarakat sebagai sosokyang moderat, bermanfaat di tengah kehidupan masyarakat yang beragam serta berkontribusi aktif menjaga keutuhan dan kemulyaan negara dan bangsa Indonesia. Pelajar Pancasila yang rahmatan lil alamiin mengajak untuk memberikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan untuk sesame manusia serta semua makhluk ciptaan Allah swt., Tuhan yang Maha Esa.
MTsN 11 Blitar merupakan salah satu madrasah yang melaksanakan kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2022-2023. Salah satu kegiatan dalam kurikulum merdeka adalah kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5P2RA). Tema P5P2RA yang diangkat adalah Berekayasa Dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI dengan topik proyek Kreasi Roket Air Putra Bangsa. Proyek ini merupakan bentuk proyek kolaborasi antara guru mata Pelajaran IPA, Seni Budaya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan informatika.
Tujuan dari kegiatan P5P2RA ini adalah untuk 1). Meningkatkan kolaborasi siswa dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya, dan 2). Menumbuhkan jiwa peneliti, perencanaan, desain dan merefleksi pengkreasian proyek teknologi yang dilakukannya.
Kegiatan P5P2RA ini diawali dengan pembentukan guru fasilitator kelas dimana tugasnya adalah bertanggung jawab atas keberlangsungan kegiatan proyek ini dikelasnya masing-masing. Setiap kelas terdapat 4-5 guru fasilitator.
Kegiatan P5P2RA (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin) diikuti seluruh siswa kelas 7 Dalam kegiatan ini siswa –siswi memanfaatkan botol plastic bekas sebagai bahan dasar pembuatan roket air. Kegiatan P5P2RA melalui 5 tahap yaitu tahap pengenalan, konstektualisasi, aksi nyata, refleksi, dan tindaklanjut. Selasa, 14 November 2023 dilakukan tahap pengenalan. Pada tahap ini guru fasilitator mengenalkan tema dan topik proyek yang diangkat. Setelah itu dilakukan diskusi bersama tentang materi Hukum Newton yang nantinya akan berkaitan dengan pembuatan roket air tersebut. Pada hari yang sama dilakukan juga tahap konstektualisasi. Pada tahap ini siswa mengobservasi dan menganalisis fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, diantaranya 1). mengobservasi keberadaan sampah botol air mineral dan sisa paralon sekitar madrasah, 2). menganalisis akibat pembuangan sampah botol mineral dan paralon, 3). Menghitung berapa volume sampah tersebut setiap harinya dan 4). mencari solusi dalam penanganan sampah di atas.
Setelah tahap konstektualisasi dilanjutkan tahap aksi nyata. Aksi nyata dilaksanakan pada tanggal 15-16 Nopember 2023. Tanggal 15 Nopember 2023 kegiatan aksi diisi dengan kegiatan 1). membuat alat peluncur dan roket air, 2). memberikan hiasan pada roket air dengan motif batik, dan 3). memberikan nama roket air (Bukan nama siswa).
Kegiatan aksi hari ke 2 yang 16 Nopember 2023 diisi dengan panen karya Kreasi Roket Air Putra Bangsa yang diisi dengan lomba peluncuran roket air. Mereka nampak antusias dan bekerja sama untuk berlomba lomba menunjukkan roket air terbaik buatan mereka. Hal ini karena kegiatan tersebut diperlombakan oleh madrasah antar kelas 7 yakni kelas 7-A hingga 7-D. Bermacam- macam warna dan seni yang mereka gambarkan dalam roket airnya. Keceriaan dan semangat memenangkan lomba kreasi roket air putra bangsa sangat nampak jelas. Mereka berlomba-lomba menunjukkan keunggulan terbang jauh dan tingginya roket air buatan mereka. Kegiatan hari ke 2 semakain semarak karena disaksikan juga oleh siswa kelas 8 dan 9.
Tahap berikutnya adalah tahap refleksi dan tindak lanjut. Tahap ini dilaksanakan pada tanggal 21 Nopember 2023. Pada tahap refleksi, masing-masing kelompok membuat laporan dalam bentuk portofolio, video, Flier, laporan proyek dan lain-lain. Setelah itu siswa mengisi lembar refleksi yang telah disediakan. Sedangkan pada tahap tindak lanjut dilakukan dengan pemberian penghargaan roket terjauh dan penobatan desainer roket air terbaik.